Ulang Tahun Duo Sumba

Berulang tahun itu biasa. Tapi kalau berulang tahun bersama-sama itu baru luar biasa. Bahkan, itu adalah rahmat tersendiri. Rahmat itu datang dari dua pembina Seminari Tinggi St. Mikhael asal Keuskupan Weebetebula yang merayakan ulang tahunnya secara bersamaan. Kedua pastor itu adalah Rm.Titus Djago, Pr  dan Rm. Herman Punda Panda, Pr. Ulang tahun itu dirayakan dalam perayaan ekaristi bersama pada Jumat, 19 November 2011 bertempat di Kapela St. Mikhael segera sesudah ibadat pagi bersama.

Misa konselebrasi itu dipimpin oleh Romo Titus. Pastor yang berulang tahun ke-40 ini memberikan homilinya berkaitan dengan injil pada hari itu tentang Rumah Tuhan yang dijadikan sarang penyamun. Di akhir perayaan ekaristi, Romo Praeses seperti biasa memberikan ucapan selamat ulang tahun mewakili seluruh komunitas seminari tinggi. Beliau pun memaparkan fenomena yang aneh tapi nyata dari kedua pastor Sumba ini,. “Tempat TOP Romo Herman adalah juga tempat TOP Romo Titus, setelah Romo Herman ditunjuk untuk Studi, Romo Titus pun menyusul, sekembalinya dari Roma, Romo Herman ditempatkan di Seminari dan itu juga diikuti oleh Romo Titus,” kata Praeses Seminari Tinggi St. Mikhael dengan nada canda.

Ketika memberikan sambutannya di akhir misa Romo Tituspun menambahkan, “Romo Praeses kurang menyebutkan satu hal yakni Romo Praeses pernah menjadi pastor pembantu, sayapun pernah.” Sedangkan Romo Herman yang berulang tahun ke-47 menolak secara halus ketika diminta untuk memberikan sambutannya. ”Saya mengucapkan terima kasih untuk semua dukungannya, tapi saya tidak ingin berbicara lama-lama karena sebentar ada kelas  yang akan menghadapi Ujian Mid Semester. Terima kasih.”

Setelah misa, para frater berbaris untuk memberi selamat kepada Duo Sumba itu di samping kapela. Lalu Fr. Jefri Goba, ketua tingkat I yang juga berasal dari Sumba menyeletuk “Hari ini Romo Herman memberi kuliah di tingkat I, begitupula dengan Romo Titus. Duo Sumba ini memang kompak.” Selamat ulang tahun untuk Romo berdua, semoga panjang umur dan senantiasa mendapat rahmat yang besar di jalan panggilan yang telah dipilih ini. (ASHP_Xp/MN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s