Miskin, Taat dan Murni

Pada hari minggu Adven Pertama, bertempat di Kapela STSM  27/11/11 Romo Prefek, Rm. Herman Punda Panda, Pr memberikan pembinaan menyangkut keutamaan-keutamaan Injili yaitu: Kemiskinan, Ketaatan dan Kemurnian. Kenyataan menunjukkan bahwa persiapan yang setengah-setengah harusnya ditinggalkan. Butuh kesiapan bathin, latihan dan kerelaan diri untuk diatur, sebab ini akan dijalani seumur hidup bagi imam dan calon imam.

Kerohanian, disiplin hidup dan kemurnian motivasi adalah peletak dasar yang membingkai seluruh keutamaan injili itu. Seorang calon imam dan imam sungguh diterima, dihormati, dan disegani umat bila ia konsisten dalam menghayati ketiga hal tersebut. Jika tidak, tak ada tempat di hati umat. Pribadi seorang calon dan Imam adalah pribadi yang mistik, sebab di dalam mereka rahmat Kasih Allah disalurkan, dan diteruskan. Kitab Suci, teologi dan tradisi turut membentuk dan menjaga kelangsungan semangat Injili. Sikap kesederhanaan mengajak seorang calon imam dan imam untuk bersikap terbuka, bebas dari kerakusan akan harta dan kekayaan duniawi, tahu diri dan selanjutnya menggantungkan diri pada Allah. Di lembaga pendidikan calon imam inilah yang menjadi tempat pembentukkan diri yang bermental kesederhanaaan. Ketaatan pun berhubungan erat dengan kesederhanaan. Untuk menjadi taat, tidak terjadi sekali. Namun, bermula dari kesungguhan yang datang dari hati, memberi diri untuk taat, dilatih terus-menerus, dan disiplin diri. Dan selanjutnya, kemurniaan menjadi berarti ketika menahan diri akan rayuan duniawi yang menyenangkan. Kita membutuhkan sebuah kematangan psikologi terhadap tawaran-tawaran demikian.

Masa adven, masa berbenah dari kesalahan supaya bertobat dan kembali pada jalan yang benar. Ketika kehidupan seorang calon imam dan imam tidak lagi menghayati keutamaan-keutamaan itu, sebaiknya dengan terhormat merelakan diri untuk pamit dan meninggalkan lembaga tercinta Seminari Tinggi St. Mikhael ini.(9e_eR/MN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s