REKolEksi BuLAn NoVEmbeR

“Kita tidak dipanggil melakukan hal-hal besar, melainkan hal-hal kecil dengan cinta yang besar”. Inilah pesan akhir dari rangkaian renungan pembuka rekoleksi bulan November oleh RD. Leo Mali. Setelah selesai memberikan ret-ret bagi frater-frater TOP beberapa hari di Camplong, Romo Leo yang baru kembali langsung memberikan sebuah renungan yang berpijak dari Injil Mat 25:14-30.

Memang tidak ada yang dapat dibanggakan dari pekerjaan yang terlihat biasa seperti menyapu halaman, membersihkan KM/WC, pel kamar makan, bersihkan kandang babi, menyusun perlengkapan misa,juga hal-hal sederhana lainnya. Pekerjaan-pekerjaan ini masih dilihat sebatas pekerjaan murahan dan tidak membawa pengaruh sama sekali. Kita selalu harus sadar bahwa diantara semua hal demikian, ada saatnya kita mengalami kesulitan. Kesulitan memang menjadi tantangan. Tetapi bukan menjadi tidak mungkin jika kesetiaan tersebut mampu mematangkan kita. Namun sulit untuk katakan bahwa kesetiaan ada secara mudah, sebab butuh waktu dan proses, juga butuh perjuangan dan komitmen yang kuat.

Manusia harus ‘miskin’ dihadapan Allah, sama halnya seorang hamba yang setia pada Tuan. Inilah kelayakan seorang hamba. Bukan pada talenta yang dikembalikan, melainkan pada kesetiaan. Injil Lukas Bab 17:7-10 mencatat pesan yang pararel dengan Injil Matius 25:14-30. Disini, Tuhan tidak menuntut banyak hal. Kesadaran bahwa Tuhan itu baik, sangat sempurna adalah kepercayaan yang harus ada. Dengan kepercayaan ini, kita makin terbuka bagi karya Allah. Kecenderungan post-modern yang memangkas peran Allah dalam batas-batas manusiawi sebagai ukuran baginya, sejatinya ditinggalkan. Ini saatnya bagi kita, take to the home, kembali mempertanyakan peran dan tugas kita. Sejauh mana, kita melihat pekerjaan sebagai wahana kesetiaan pada panggilan kita masing-masing? (9e_eR, MN)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s