Spiritualitas Panggilan Imamat

Rm Ande Kebelen, Pr

Selasa, 6/09/2011. Kuliah Tata Laksana Pastoral frater tingkat V dengan dosen pembimbing RD. Ande Kabelen berjalan cukup serius dan berkesan. Bagaimana tidak, para frater disodorkan sebuah wacana tentang spiritualitas panggilan, terutama yang berkaitan dengan kehidupan para imam, baik yang menjadi pembina semasa TOP ataupun kenyataan-kenyataan yang didengar atau dilihat berkaitan dengan cara hidup dan spiritualitas apa yang menghidupi para imam dalam berpastoral. Penilaian didasarkan pada beberapa aspek yaitu; pelayanan sakramen, kerja, devosi, kesederhanaan, selibat, dan ketaatan. Untuk membahas aspek-aspek tersebut, para frater dibagi kedalam tiga kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan lima orang.

Hal pertama yang dilakukan adalah, masing-masing frater di dalam kelompok menyeringkan pengalamannya mengenai kehidupan pastoral Pastor pembimbing semasa TOP. Karena tempat TOP berbeda-beda, maka hasil sheringpun unik, beda dan kaya akan hal baru yang menjadi masukan berarti. Gambaran umum pleno dari ketiga kelompok hampir sama dalam menilai keenam aspek pastoral imam tersebut. Kebanyakan menilai imam dalam kegiatan pastoralnya didorong oleh spiritualitas Yesus Kristus sebagai Gembala yang baik. Ada pengalaman, imam tertentu berperilaku tidak sebagai Gembala Yang Baik, banyak hal; dalam hubungannya dengan perilaku, dan pikiran terkadang tidak sesuai, tetapi masih dalam batas kewajaran dan dapat dimaklumi.

Dalam kesimpulannya Rm. Ande mengatakan bahwa, thabisan tidak menghilangkan kemanusiaan, maka ia mengharapkan agar, hal-hal yang positif dan bernilai bagi panggilan dipertahankan dan menjadi masukan yang berarti, sedangkan yang negatif juga menjadi bahan refleksi yang paling nyata bagi perjalanan panggilan para frater. Di dalam medan pastoral kita menghadapi umat dengan berbagai karakteristik, banyak tantangan dan arus hidup yang tidak sesuai, sehingga spiritualitas yang kita  hayati dan  dihidupi adalah spiritualitas Yesus Kristus Gembala Yang Baik.  (FrC/MN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s