Sarana & Fasilitas

 Sebelumnya: Profil Umum

TENAGA PENDIDIK (PEMBINA)

Tenaga tetap sebagai Pembina (pendamping) dan sekaligus dosen sebanyak 14 orang imam projo. Urusan rumah tangga, dapur ditangani oleh dua orang suster SND, 11 orang karyawati dan 8 orang karyawan.

SARANA FISIK (BANGUNAN)

No. Sarana Jumlah Keterangan
  Asrama (konvik) I 6  unit (24 kamar per unit)
  Konvik II Lantai I (43 kamar)
  Lantai II (Aula dan Perpustakaan)
  Refter/Kamar Makan 1 unit
  Dapur (dan Asrama karyawati) 1 unit
  Susteran 1 unit
  Kapel 1 unit (daya tampung 200 org)
  Ruang Kuliah/Kampus FFA 2 Unit (masing-masing 3 ruang)
  Sekretariat FFA 1 Unit
  Perpustakaan FFA 1 unit
  Lapangan Bola Basket 1 unit
  Lapangan Bola voli 1 unit
  Lapangan Bola Kaki 1 unit
  Makam Imam Projo KAK 1 unit Inventaris KAK

PERKEMBANGAN

Secara kwantitatif dalam kurun waktu yang relatif singkat, calon imam dari Seminari Tinggi ini bertambah dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh adanya Seminari Menengah di masing-masing Keuskupan (Keuskupan Agung Kupang, Keuskupan Weetebula, Keuskupan Atambua).

Calon-calon imam dari 3 Keuskupan di NUSRA mendapat bimbingan rohani selama satu tahun di TOR, Emaus Atambua sebelum masuk Seminari Tinggi ini.

Sejak tahun 1999 Seminari Tinggi St. Mikhael telah mulai menghasilkan buah sulung Seminari Tinggi ini sebanyak 8 orang : 2 orang Keuskupan Agung Kupang, 3 orang Keuskupan Atambua dan 3 orang Keuskupan Weetebula, dan selanjutnya setiap tahun selalu ditahbiskan imam alumni Seminari ini.

SEGI KELEMBAGAAN

Sejak berdirinya, dari aspek akademis untuk tingkat Sarjana (S1) Seminari St. Mikhael menjadi Fakultas Filsafat Agama Unika Widya Mandira Kupang dengan status terdaftar. Pengelolaan dan penyelenggaraan sangat tergantung dari PP (Peraturan Pemerintah) yang diturunkan lewat KOPERTIS WILAYAH VIII. Sudah tentu Seminari tidak lagi bebas mengatur kurikulum khas Seminari untuk pendidikan imam. Tuntutan kualitas tenaga dosen serta peraturan ujian negara untuk ijazah S1 merupakan tantangan dan hambatan tersendiri.

TENAGA DOSEN

Selain para dosen dari Seminari Tinggi sendiri, ada bantuan tenaga dosen dari Tarekat yang memiliki calon imam seperti OCD dan Claret! Dari Claret ada P. Valens Aqino CMF dan dari OCD, P. Christianus Surinono, OCD, Tenaga edukatif lainnya dipinjam dari Unwira, Undana dan STF Ledalero.

TABEL  TENAGA DOSEN FAKULTAS FILSAFAT AGAMA

BEBAN FINANSIAL

Biaya hidup dan pendidikan frater di Seminari ini ditanggung oleh Propaganda Fide dan para Uskup pemilik Seminari Tinggi: Keuskupan Agung Kupang, Keuskupan Atambua dan Keuskupan Weetebula. Partisipasi dari orang tua frater juga digalakkan, namun pada kenyataannya kebanyakan orang tua calon imam masih cukup terbatas dalam membiayai anak-anaknya. Sejak beberapa tahun terakhir ini sebagian biaya  akademik frater ditanggung oleh orang tua/keluarga calon imam.

PERPUSTAKAAN

Persediaan buku-buku, majalah-majalah ilmiah masih agak langka, baik dari jumlah maupun judulnya. Hal ini tentu menyangkut dana dan pengelolaan. Bantuan-bantuan dari lembaga-lembaga pemerintah dan lainnya untuk Seminari maupun FFA perlu digunakan pula untuk pengadaan buku dan fasilitas perpustakaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s